Laman

Senin, 09 Juni 2014

Menanam Butternut Waltham Dari Biji

Menanam Butternut Waltham ternyata sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, ditanam tanggal 7 Juni 2014, tanggal 9 Juni 2014 kemarin sudah nyeprout. Besok paginya tanggal 10 Juni ini baru saya foto. Jadi dalam dua hari saja dia sudah 'bergerak'.

Perlakuan penyemaiannya hanya saya taruh di tray pembibitan yg dicampur kompos dan tanah. Kemudian saya angin-anginkan di balkon belakang yang hanya terkena matahari pagi maksimal sampai jam 9. Oya ada perlakuannya sebelum saya taruh tray pembibitan, saya rendam dahulu di air yang saya beri pupuk yang ada efek mempercepat pembibitan. Sehari semalam saya rendam. Ya mungkin itu rahasianya. Hehe.

Beberapa orang mungkin akan mengatakan rendam selama 3 jam saja, 6 jam saja, 12 jam saja.. kalau saya udah biasa sehari dua hari. Kebetulan yang butternut waltham ini sehari aja. Pas lagi ngga seberapa males.

Mengapa butternut waltham ini yang saya pilih? Berdasar riset, saya baca-baca butternut waltham ini kuat dalam cuaca sangat panas. Bisa sampai 35 derajat celcius preferable environmentnya. Wuow! Cocok banget buat surabaya nih. Puanas banget disini gitu loowh..

Alasan lainnya mengapa saya pilih butternut? Karena ketika saya tengok di Ranch Market... kalau saya nggak salah intip. Separu potongan buah butternut waltham.. harganya 75rebu! Errrr.... helow.. kayanya mending eksperimen nanam dulu deh. We'll seee. :D

2 komentar:

  1. helow mbak ayu, gimana butternut waltham nya ? berhasil kah ditanam di pot ? difoto dong, saya ingin juga menanam di pot halaman rumah...tks..salam, eka

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, berhasil ditanam dong. saya postingnya diakun fesbuk pribadi dan di akun instagram. pas lagi malas ngeblog hehe

      Hapus